• CHRISTIANITY,  PERSONAL

    Retreat STTRI 2017 – God Gives Us Stories

    Pertanyaan paling keras yang selalu muncul dalam hati dan pikiran selama retreat dan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk aku bisa menjawabnya “Apa aku mau untuk meninggalkan kenyamanan dosa untuk hidup kudus dan benar di hadapan Tuhan?” Aku merasa sangat sulit untuk menjawab pertanyaan ini bukan tanpa alasan, aku mengingat selama 12 tahun aku mengenal Tuhan secara pribadi, sudah sangat banyak komitmen yang kuambil, namun aku mendapati diriku sering gagal untuk menghidupinya, jatuh dan jatuh kembali. Aku tidak mau kembali berjanji dan dengan mudah menyakiti hati Tuhan. Aku sangat menikmati setiap sesi dalam retreat ini, namun hatiku sering sibuk di kala itu, di setiap kesempatan perenungan pikiran dan hatiku sibuk…

  • HEALTH,  PERSONAL

    Unlock A New You

    Unlock A New You.. Meminjam slogan dari BodyKey yang menurutku keren banget. Menjadi seseorang yang baru emang ga mudah, bahkan bisa dibilang sulit banget banget banget. Gimana nggak coba, bertahun-tahun hidup dengan pola yang sama, diulang setiap hari, sudah menjadi mindset yang berkarat, bahkan ga kepikiran tuh ada pola lain di luar kebiasaan yang kita jalani. Terkadang kita butuh disadarkan oleh orang-orang di sekitar kita, seringnya sih orang-orang baru, berhubung ke orang-orang lama kita sudah imun, omongannya sudah masuk kiri keluar kanan a.k,a udah nggak ngeh gitu loh xD Aku mengalami hal ini juga, bertahun-tahun dengan mindset yang ga berubah. Terutama dalam hal menjaga penampilan. Kalau dipikir-pikir dulu itu aku…

  • CHRISTIANITY,  PERSONAL

    Jawaban dan Titik Cerah di 2016

    Sorry to say, ini postingan uda mandek di draft berbulan-bulan. Sejak kerja dan kuliah benar-benar terkuras waktu dan tenaga, ga sempat nge-blog..huhuhu Selama beberapa bulan berada di Jakarta, salah satu beban besarku adalah mencari pekerjaan yang sesuai. Ada banyak faktor yang membuatku mempertimbangkan sebuah pekerjaan, antara lain kesesuain dengan latarbelakang pendidikan, kesesuain dengan panggilan hidup, kesesuaian dengan jadwal kuliah nantinya dan kesesuaian salary tentunya. Banyangin saja, mau cari kerjaan tanpa membubuhi berbagai macam syarat saja susah, nah saya kepedean banget  bikin banyak syarat untuk pekerjaan saya nantinya. Sebenarnya bukan tanpa alasan, tapi jujur aja saya lagi galau berat masa itu. Ada banyak ketidakpastian yang harus saya lalui. Boleh baca di…

  • CHRISTIANITY,  PERSONAL

    Masa Bertanya Kembali

    Baca-baca coretan di lappy, kayanya ga masalah kalau di post. Jadi teringat masa-masa penuh kegalauan beberapa bulan lalu. Di post berikutnya aku akan cerita pergumulan yang sudah dijawab Tuhan. 🙂 Jakarta, 16 Sep 2015 Aku berada di persimpangan yang membingungkan, apakah aku harus berjalan lurus, ataukah berbelok kekanan atau ke kiri. Seperti yang pernah aku tuliskan sebelumnya, April 2014 aku meyakini panggilan hidupku sebagai seorang konselor, dan di perjalanan sebagai seorang konselor sekolah aku meyakini panggilanku sebagai seorang konselor Kristen.                 Aku mengalami dan merasakan benar tuntunan Tuhan langkah demi langkah, karena Dia tidak memberikan kejelasan akan langkah yang terlalu jauh. Satu hal yang pasti, ketika aku terus berjalan sesuai…

  • CHRISTIANITY

    Trust His Heart

    Jakarta, 30 September 2015 Sudah satu bulan aku berada di Ibukota, Jakarta. Ga perna kebayang sebelumnya harus berada disini dan menghindari untuk menetap disini. Namun langkah kaki akhirnya mengarah kesini. Selama satu bulan berada disini, sungguh merasakan kebaikan Tuhan, walaupun aku pada awalnya merasa kecewa karena menjadi korban PHP satu sekolah yang menguatkanku untuk berangkat kesini, namun apa daya, prioritas membuatku terlambat berada disini. Sehingga pekerjaan itu diberikan kepada orang lain. Ga masalah, mungkin ini cara Tuhan untuk mengarahkanku kepada rencana yang lain yang lebih baik. Kehidupan Jakarta ternyata tidak seruwet yang aku bayangkan, walaupun pada tahun 2013 aku pernah kesini, namun ceritanya tentu berbeda jikalau harus menetap disini. Memang semuanya jadi berasa lebih mudah…

  • ARTICLE,  CHRISTIANITY,  PERSONAL

    Love Letter To My Godly Man *4

    Medan, 27 Juli 2015 Syalom Honey.. Bagaimana kabarmu di kejauhan sana?Aku sangat berharap kamu baik-baik saja, masih menikmati setiap aktivitas dan tanggungjawab kamu. Maafkan aku baru bisa menuliskan suratku yang ke-empat ini, sementara ada banyak hal yang telah kita lalui bersama-sama, selama hampir empat bulan kita resmi menjadi sepasang kekasih. Bersyukur sekali kamu benar-benar sudah membaca surat pertama sampai surat ketigaku dan aku bisa melihat ekspresi sukacita yang mendalam di wajahmu ketika membaca suratku yang awalnya tak bertuan itu. Wahhh, bahagia rasanya bisa melihatmu tersenyum tersipu membaca suratku itu. Lebih bahagia lagi karena surat-suratku selanjutnya sudah memiliki tuan yang wujudnya dapat dipertanggungjawabkan. Aku ga sedang bermimpi lagi kan?  Aku berharap…

  • PERSONAL

    Banyak Cerita yang Terlewatkan!

    Heloww guyss…Anggap aja ada yang kangen sama updatean aku yah, soalnya uda lama ini ga update bawelan-bawelan di blog ini. Nyadar banget ada banyak cerita yang terlewatkan, sangattt terlewatkan malahan. Kalau istilah anak alay kekinian sih, super late post (walau kadang itu foto yang dipost juga baru di take kemarin sore) #abaikan. Ini beneran deh ada banyak hal yang super duper late post, syedih banget kan? Ga mau banyak alesan yah, emang lagi rada males corat coret berhubung notebook kesayangan banyak tingkah jadi aku ga bisa coret apa-apa walau banyak waktu santai sepanjang tahun ini #emangganiatbanget. Tau ga sih mbak-mbak dan mas-mas kalau ngumpulin nyawa buat nulis itu ga mudah, sulit…

  • CHRISTIANITY,  PERSONAL

    Happy 10th years Anniversary dear J..

    Aku ga ingat tanggal tepatnya pertama kali menerima Kristus sebagai Tuhan dan juruselamat pribadiku, antara 23 atau 30 Juli 2005, yang pasti momen itu terjadi ketika Persekutuan Siswa Kristen (PSK) SMA N 4 Pematangsiantar mengadakan kebaktian awal tahun ajaran untuk menyambut siswa-siswa baru yang selalu dipergunakan sebagai kesempatan untuk menjangkau siswa baru dan lama untuk ditantang mengikut Yesus. Hari itu sangat istimewa, menyadari benar akan keberdosaan diri dan betapa aku membutuhkan Dia sebagai penyelamatku. Tak terasa, hari itu berlalu 10 tahun yang lalu, yang artinya sudah 10 tahun aku mengenal Dia secara pribadi dan memahami makna hidup yang sebenarnya. Kalau aku merenungkan kembali perjalanan kehidupan rohaniku selama 10 tahun ini.…

  • CHRISTIANITY

    Kasih

    Lagi-lagi draft yang dibongkar.. Tertanggal 28/03/2011 Setiap orang pasti sudah sangat sering dibukakan dan diingatkan tentang kasih. apa sih makna kasih? di minggu-minggu passion ini aku sungguh banyak ditegur tentang kasih.. terkadang aku berpikir, bagaimana perasaan Yesus ketika Ia disiksa,diludahi,dicambuk? Ia adalah Allah,Ia pasti sanggup untuk melepaskan diri, bahkan membumi hanguskan semua orang yang melukai Dia.. tapi kenapa Dia tidak melakukannya? Ia taat dan setia kepada tujuanNya datang kedunia..Misinya ke dunia adalah untuk mati di kayu salib untuk menebus dosa manusia. dan Dia harus menanggu segala sesuatunya, supaya misi itu tercapai dan diselesaikan dengan sempurna..

  • PERSONAL

    Saat Aku Mulai Jenuh

    Ngubek-ngubek draft.. Tertanggal 24/02/2011.. Aku sedang bergumul tentang apa gerangan saat itu? Sampai sebegininya haha.. Oh iya, sepertinya aku sudah tau ini tentang apa..ckckck Tuhan,aku capek,aku lelah,aku ga tau lagi apa yang harus aku katakan lagi kepadaMu.. Aku tau Kau pasti lebih mengerti dan paham melebihi apa yang dapat aku ungkapkan.. Dan aku juga tau Engkau sedang memperhatikan perkaraku.. Apa yang ingin Engkau bukakan kepadaku? Apakah Engkau sedang menegurku?? Menyadarkanku bahwa aku sedang melenceng dari jalanMu? Ini sudah lama Tuhan, dan aku belum menemukan titik terang dari setiap hal yang terus berlanjut. Kemana aku harus melangkah? Tolong Aku..Kuatkan aku kalau aku harus menjalani semua ini.. Tunjukkan jalanMu..Aku menunggu janjiMu Tuhan..…