Uncategorized

Hari ke Sehari

Akhir-akhir ini aku sangat banyak diingatkan mengenai pentingnya mengevaluasi setiap hal yang kita alami dari hari ke sehari. dari nats renungan di saat teduh, dari PKK saat KTB, dari pembicara saat diskusi interaktif, dari twit akun kristiani,dll.. aku rasa semua itu bukanlah kebetulan, Tuhan pasti ingin mengingatkanku sesuatu hal atau banyak hal yang berkaitan dengan pengevaluasian diri dan berjaga-jaga setiap harinya..

Aku semakin menyadari, untuk pertumbuhan rohani kita, dan menjaga kondisi spritual tetap baik, kita harus menjaganya dari sehari ke sehari. Karena apa? setiap hari banyak hal yang kita alami, suka dan duka, mood positive dan negative, kejadian-kejadian, dosa, dan banyak cerita hidup yang bisa mempengaruhi kualitas HPdT kita.

Saya contohkan begini, ketika pada hari ini kita jatuh ke dalam satu dosa, tentu itu mempengaruhi hubungan kita dengan Tuhan,perasaan bersalah, tidak layak,dll..Iblis bisa pakai perasaan-perasaan tersebut untuk menyerang dan menyalahkan kita atas apa yang kita lakukan. Akibatnya,kita merasa tidak layak datang kepada Tuhan, mungkin kita tetap datang kepadaNya, tetapi ada hal yang tidak kita akui di hadapanNya

Ketika kondisi tersebut kita biarkan dan tidak kita perbaiki, secara tidak sadar, kemungkinan kita untuk jatuh lebih dalam akan semakin tinggi. dan betapa terkejutnya kita, mendapati diri kita sudah sangat jauh dan jatuh terlalu dalam.
Ingat, Dosa akan melahirkan dosa, apabila tidak segera diselesaikan bersama Tuhan.
Coba kita bayangkan, apabila dalam satu hari kita melakukan kesalahan,dosa,dll, dan pada  hari itu juga kita akui di hadapan Tuhan,dan kita selesaikan, tentu tidak akan membawa dampak lagi untuk keesokan harinya. Tapi bagaimana jika dosa setiap harinya terus bertumpuk tanpa pengakuan?apa yang akan terjadi dengan dosa-dosa yang terus dilakukan setiap harinya?

Maka dari itu, hendaklah kita mengevaluasi hidup kita hari demi hari, mengakui dosa kita di hadapan Tuhan dan berkomitmen tidak akan melakukannya lagi. Pertumbuhan rohani kita akan semakin baik, karena setiap hari ada hal baru yang kita pelajari, dan hal lama yang akan kita tinggalkan.
Evaluasi diri hari ke hari juga dapat mengantisipasi kita untuk terus berjaga-jaga dari godaan si iblis yang tentunya tidak senang kita semakin menikmati hubungan dengan Tuhan.

Dan yang tidak kalah penting, membangun hubungan pribadi dengan Tuhan setiap saat, membangun komunikasi yang intens dan intim dengan Bapa..
Sungguh indah ketika setiap pagi hari, kita mendengar suara Tuhan untuk membimbing kita dalam setiap hal yang kita lakukan pada hari itu, dan sepanjang hari kita tetap dengar-dengaran akan suaraNya. Pada malam hari kita datang lagi kepadaNya dan mengakui setiap hal di hadapanNya,apa yang kita alami pada hari tersebut, dan bersyukur atas penyertaanNya sepanjang hari..

Saya secara pribadi masih sangat berjuang untuk hal ini. Semoga ke depan semakin baik dan setia..:)

Semoga memberkati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *