• Lifestyle,  Personal Growth

    MY 2021 YEARLY THEME: “CREATE MORE!”

      Halohaaa.. Semoga belum terlambat mengucapkan “Selamat Tahun Baru 2021”! Semoga tahun ini jauhhh lebih menyenangkan untuk diisi dengan hari-hari yang bermakna.. Aminnn Bagaimana momen tahun baruan kalian di masa new normal ini? Seru nggak? Beruntung banget yang bisa kumpul keluarga dan merayakan pergantian tahun bareng, bisa ibadah dan doa bersama Aku sih ketiduran di momen pergantian tahun karena di kosan doang, sendirian, di luar juga nggak ada suara apa-apa Boro-boro kembang api, suara orang aja nggak ada. Sepi banget pokoknya, tepat 15 menit sebelum ganti tahun aku udah bablas Aku memang memutuskan batal pulang kampung karena situasi makin nggak aman kan. Setelah galau berhari-hari beli tiket, lalu galau berhari-hari…

  • Lifestyle,  Personal Growth

    Gaya Hidup Super Sibuk yang Melelahkan

    Disclaimer: membaca tulisan ini bisa membuatmu kelelahan 🙂 Sejauh memori yang bisa aku ingat dari kecil, aku adalah orang sibuk dan sangat suka sibuk. Bukan karena rajin, tapi merasa bersalah aja kalau harus mager dan santai. Walau tanpa disadari sering juga rebahan sampai lupa waktu, tapi percayalah aku sangat benci mendapati diri tidak produktif. Nggak heran sih, multitasking menuju nggak bisa fokus adalah nama tengahku yang lain, selain cerewet tentu saja 😀 Sini duduk bareng biar aku ceritakan apa yang kulakukan dengan semua kesibukan sejak dini: dari SD sudah sibuk pulang sekolah jaga kios mamak sambil belajar atau bikin PR, dengerin lagu Westlife, kalau sudah sore memasak untuk keluarga. Weekend…

  • Personal Growth

    Menikmati Relasi yang Bermakna

    Mba Awl komen di postingan aku Ko Dia Bisa Sekuat Itu Sih? , bilang: Aku salut dengan mbak dan teman mbak yang mau bercerita dan mendengarkan dengan seksama, mengingat rasanya susah bertemu dengan teman² di luar sana yg tulus:’)) Komen ini benar-benar udah menjadi pemikiranku sejak bertahun-tahun yang lalu. Sadar banget sih relasi yang baik itu ngga ternilai harganya. Keluarga yang menyayangi kita dengan beragam cara, teman yang mengerti dengan tulus, semuanya itu ngga bisa dibeli dengan uang. Mau bayar semahal apapun nggak bakal bisa bikin orang lain tulus mengasihi kamu yang punya berbagai keunikan dan keanehan haha Susah banget cari teman yang tulus zaman sekarang ini, bukan berarti ngga ada…

  • Personal Growth

    Ko Dia Bisa Sekuat Itu Sih?

    Dua minggu lalu aku ngobrol dengan salah satu teman yang kukenal setahun belakangan. Kami lumayan sering ngobrol hal-hal yang personal dan cukup mendalam. Jadi isi pembicaraan tidak hanya seputar film apa yang disukai, makanan enak, hobi, tapi juga masalah pribadi dan sudut pandang yang sering kali berbeda dalam berbagai konteks kehidupan #seriusamat. Selama ini lumayan sering cerita keluarga sih, tapi ada satu bagian yang selama ini aku rada sungkan menanyakan secara detail ke dia. Tapi malam itu aku memberanikan diri bertanya dan ternyata dia juga mau cerita dengan terbuka. Sorry aku nggak bisa cerita detailnya disini karena cukup pribadi dan bukan konsumsi publik ya. Responsku saat itu? Nangis! Aku bener-bener…

  • Personal Growth

    How I Deal With Procrastination (2): Time Management

    unsplash.com Di postingan sebelumnya udah aku bahas panjang lebar mengenai prokrastinasi dan dua tips ala aku untuk mengatasinya ya. Di postingan ini aku akan tambahkan satu tips lagi yang juga sangat sangat penting demi kelanjutan hidup yang lebih terorganisir dan bahagia 🙂 Dari judulnya kalian tentu udah tau dong, yang kumaksud adalah time management, yes! Bicara soal time management jujur bikin pegel banget, astaga! Soalnya udah bertahun-tahun melakukan masih terus harus belajar untuk disiplin 😀 Kalian gitu juga nggak sih? Tidak peduli seberapa berusaha, akan selalu ada masa dimana jiwa magerku meronta-ronta. Makanya benar-benar harus mencoba sedisiplin mungkin untuk mengatur waktu kalau nggak mau tiba-tiba kaget karena sekian lama nggak…

  • Personal Growth

    How I Deal With Procrastination (1)

    Perkenalkan, aku Erika, sebelumnya prokrastinator sejati dan masih suka kambuh sampai sekarang 🤣 Susah banget ga sih mengumpulkan niat untuk segera menyelesaikan apapun tanggungjawab di depan mata kalau belum mepet dateline? Kalau belum dateline, rasanya otak ga bisa jalan dan mikir, semua tugas rasanya sulit berkali-kali lipat. Coba kalau uda kepepet, otak encerrrr cas cis cusss kelarrr. Ada kebanggaan sendiri kalau sampai begadang-begadang kelarin tugas, excited parah, berasa menang lotre karena bisa ngalahin dateline padahal mepet. Yuhuyyyy gue berprestasi pagi iniii (setelah ga tidur semalaman nugas dateline) 🤣🤣 Tapi sejujurnya ada perasaan “belum memberikan yang terbaik”, semacam perasaan gelisah gitu dan mikir “seandainya ngerjainnya dicicil, mungkin lebih bagus lagi karena…

  • Personal Growth

    Sikap Menghadapi Dampak Pandemi

    Semua orang tanpa terkecuali, sedang mengalami dampak virus Covid-19. Ada yang kehilangan pekerjaan, pemotongan gaji, usaha bangkrut, hidup lebih ribet karena anak-anak harus belajar didampingi orang tua, tidak bisa bertemu keluarga padahal mau lebaran, suami istri terpaksa LDR lama karena tidak bisa bertemu, tenaga kesehatan yang bekerja keras seolah punya nyawa sepuluh dan banyak lagi kondisi yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Intinya tidak ada yang terluput dari kesulitan dan ketidaknyamanan, minimal tidak nyaman untuk beraktivitas seperti biasa. Tapi ada hal yang membedakan semua orang, yaitu sikap. Sikapmu menentukan apa yang akan kamu lakukan selanjutnya. Ketika sebagian orang terus menerus mengeluh dengan keadaan, mencari-cari siapa yang bisa disalahkan, gelisah dan…

  • Personal Growth

    Makna Ketulusan Hati di Hari Ibu 2020

    Kemarin udah bikin quotes ini karena teringat dengan nasihat mamak yang terus menerus sampai hapal. Liat postingan Tere, baru ngeh hari ini ternyata mothers day, yey pas banget!! Mamak kami emang tipe penasehat banget, dari kecil uda menasehati kami berbagai hal yang kalau dipikir-pikir ternyata sangat membentuk karakter sampai sekarang. Ga heran tiap buka facebook, aku sering melihat mamak komen di status orang, isinya tentu aja nasehat hahahah kadang ketawa sendiri atau senyum sambil mikir: mamak kami inilah memang..Udah mendarah daging kayanya jiwa menasehati itu. Inti dari quotes ini adalah ketulusan hati, apapun yang dilakukan atau dikatakan kalau itu berasal dari hati yang tulus, orang lain pasti bisa merasakan. Walaupun…

  • Mental Health

    Kesiapan dan Respon Mental Terhadap Pandemi

    Gambar ini sudah seliweran di medsos sejak beberapa waktu lalu, dan menurutku sangat bagus untuk memberikan kesadaran di posisi mana nih diri kita saat ini? Apakah di zona ketakutan, zona belajar atau sudah masuk ke zona bertumbuh? Karena aku yakin posisi masing-masing orang pasti berbeda. Setelah sekitar 1,5 bulan #dikosaja #dirumahaja jujur aku masih terus berusaha melakukan penyesuaian demi penyesuaian. Masih harus terus berusaha membuat ritme hidup yang paling sesuai dan seimbang selama masa pandemi ini. Karena ritme ini sangat berpengaruh kepada kesehatan mental nggak sih? Aku sadar banget kesiapan mental setiap orang untuk menghadapi pandemi ini sangat beragam, ada yang siap dan tentu banyak yang tidak siap. Dan menurutku itu…

  • Lifestyle,  Personal Growth

    Caraku Merayakan Tahun Baru: 2020!

    Di timeline FB banyak ibu-ibu yang kampanye kalau setiap hari itu sama saja, jadi tidak perlu heboh merayakan tahun baru. Tidak masalah, itu sudut pandang dan pilihan mereka. Tapi kalau aku analisa, mereka ko ibu-ibu yang …… (Er, be mindful.. Ga perlu analisa berujung judgemental).. Haha Kalau aku sih tim yang selalu merayakan tahun baru, udah budaya dari kecil di kampung. Tahun baru itu istimewa, selalu disambut dengan meriah dan penuh sukacita. Tahun baru diidentikkan dengan pengharapan baru. Kaya punya semangat baru juga sih, memulai semuanya dari tanggal 1.. Di setiap momen akhir tahun, sebisa mungkin aku ambil waktu untuk evaluasi apa yang terjadi selama tahun ini. Pencapaian apa yang…